Oleh : Titi Dwi Nuningsih, S.Pd

Pendidikan adalah segala daya upaya dan semua usaha untuk membuat masyarakat dapat mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, berkepribadian, memiliki kecerdasan, berakhlak mulia, serta memiliki keterampilan yang diperlukan sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Pendidikan menuntun segala kodrat yang ada pada peserta didik untuk menjadikan mereka anggota masyarakat yang dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Di era modern seperti sekarang ini sistem pembelajaran harus mengikuti perkembangan zaman. Kecenderungan pembelajaran yang membosankan sering terjadi di dunia pendidikan. Hal ini bisa disebabkan karena dalam pembelajaran masih terpusat kepada guru sehingga pembelajaran cenderung monoton sehingga tujuan dari pembelajaran akan sulit untuk dicapai. Pada era perkembangan peserta didik yang berlatar belakang generasi Z seperti sekarang ini, guru dituntut untuk melek teknologi yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran banyak memiliki manfaat pada saat proses pembelajaran, yaitu: pemusatan perhatian siswa, menggugah emosi siswa, membantu siswa memahami materi pembelajaran, dan mengaktifkan respon siswa.

Salah satu media pembelajaran adalah dengan menggunakan Kahoot. Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan di lembaga lainnya. Kahoot adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat di akses melalui penjelajahan web atau aplikasi Kahoot. Kahoot ini bisa menjadi media pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan kebutuhan generasi digital. Hal ini terbukti sangat antusiasnya peserta didik saat dilaksanakan pre test ataupun post test dengan menggunakan alat evaluasi ini. Bahkan, pada setiap akan dimulainya aktivitas pembelajaran peserta didik meminta untuk dilaksanakan test menggunakan kahoot. Peserta didik mengaku suka dengan platform belajar ini dikarenakan tampilan kahoot yang menarik, ada audio yang merangsang emosi siswa dalam mengerjakan, ada waktu yang memang harus diperhatikan dalam mengerjakan, dan tampilan akhir bisa mengetahui siapa yang mengerjakan dengan benar dan cepat. Peserta didik merasa tertantang dan tertarik untuk selalu melaksanakan evaluasi dengan platform belajar ini.

Dengan peserta didik yang anusias dengan pelaksanaan evaluasi menggunakan Kahoot diharapkan peserta didik lebih antusias dalam proses pembelajaran, dan tujuan pembelajaran tercapai.