Oleh : Nur Primantika Fitriani Yunindra, S.Pd

Pandemi Covid 19 membuat lembaga pendidikan di Indonesia termasuk SMK Negeri 1 Kutasari melakukan pembelajaran secara daring . Akibat lain pandemi Covid- 19, beberapa kegiatan bahkan seluruh kegiatan yang berada diluar rumah atau bisa disebut outdoor itu dihentikan untuk sementara waktu, bertujuan untuk mengurangi populitas orang yang terkena covid-19.

Guru sebagai pendidik disekolah perlu dan harus memiliki strategi yang tepat dalam menentukan media pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran secara daring. Tentu itu bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi dimasa pandemi seperti ini, proses pembelajaran dengan jarak jauh harus menyesuaiakn dengan kebutuhan dan mengembangkan produk media yang inovatif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik agar dapat belajar secara efektif dan menyenangkan. Media pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik dan media pembelajaran tersebut dapat mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Wordwall merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram, acak kata, pencarian kata, mengelompokkan, dan sebagainya. Wordwall memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan media wordwall meliputi:

  1. Media bersifat fleksibel, dapat digunakan untuk berbagai tingkatan pada pesertadidik.
  2. Menarik dan tidak monoton
  3. Bersifat kreatif dan mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Beberapa kekurangan dari media wordwall meliputi:

  1. Membutuhkan waktu yang lebih untuk membuatnya
  2. Media ini hanya dapat dilihat karena berupa media visual.

Wordwall sebagai media pembelajaran yang menarik mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.Wordwal mampu menciptakan interaksi yang mengguntungkan bagi peserta didik. Aplikasi yang bisa digunakan sebagai media belajar maupun alat penilaian yang menarik.

Penggunaan Wordwall sebagai media pembelajaran untuk mengganti peserta didik dalam memahami materi pelajaran tidak sepenuhnya dilaksanakan tanpa adanya kekurangan. Hal utama yang dapat menghambat dalam pelaksanaan melalui media aplikasi Wordwall adalah jaringan internet dan sinyal. Tidak semua peserta didik bertempat tinggal dengan kualitas jaringan internet dan sinyal yang bagus. Namun kendala tersebut bukan menjadi alasan bagi guru untuk tidak membuat media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sesuai dengan karakter peseta didik. Media Wordwall dapat menjadi media pembelajaran yang mudah digunakan, praktis, efektif, dan menyenangkan dalam memahami materi pelajaran agar peserta didik dapat belajar secara efektif dan menyenangkan dimasa pandemi ataupun nanti setelah masa new normal..