Oleh: Ulin Fathiyatur Rokhmah.S.Pd

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa asing yang wajib untuk dipelajari oleh semua kalangan masyarakat, khususnya pentingnya vocabulary bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Pasalnya Bahasa Inggris merupakan jenis bahasa yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia dan menjadi bahasa komunikasi paling umum yang  digunakan.

Pembelajaran suatu bahasa sering dikaitkan dengan bagaimana cara menyusun sebuah kalimat yang baik untuk berbicara. Banyak orang berpikir bahwa mereka ingin langsung bisa berbicara dengan lancar dan saling berinteraksi dengan bahasa yang dipelajari, namun mereka jarang berpikir bahwa yang lebih penting untuk dipelajari dan diperbanyak adalah penguasaan kosakata (Vocabulary) dari bahasa tersebut, bagaimana pun menguasai kosakata yang banyak adalah fasilitas utama untuk menyusun kalimat dan berbicara dengan lancar.

Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa sering melihat dan mendengarkan percakapan dengan media hand phone, TV, atau laptop dan benar-benar memperhatikan percakapan nya akan menambah kecakapan dalam mempelajari bahasa. Itu benar, namun lagi-lagi akan lebih baik jika sudah ada pengalaman dalam penguasaan kosakata sebelumnya, sehingga akan lebih maksimal pembelajaran menggunakan media hand phone, TV, atau laptop.

Perhatikan cara menerjemahkan bahasa asing! Seseorang akan menerjemahkan kosakata yang paling sulit dipahami terlebih dahulu sebelum menerjemahkan semuanya atau minimal satu paragraf. Dalam satu paragraph itu, seseorang akan benar-benar mencari arti dari kosakata (Vocabulary) yang jarang digunakan atau sulit dipahami. Setelah semua kosakata yang sulit itu mampu dipahami, barulah semua kalimat dalam satu paragraf bisa diterjemahkan dengan baik sesuai dengan konteks pembahasan. Jika ada satu saja kosakata yang tidak bisa dipahami, maka satu paragraf tidak bisa diterjemahkan dengan baik apalagi sesuai konteks pembahasan. Begitu pun seterusnya dalam menerjemahkan paragraf-paragraf selanjutnya.

Meskipun demikian pembelajaran kosakata (Vocabulary) masih diartikan kurang penting. Banyak orang yang malas menghafal kan kosakata padahal mereka sudah tahu dampaknya. Maka salah satu siasat dalam menguasai kosakata adalah pembelajaran kosakata di dalam kelas harus benar-benar menghibur, unik dan lainnya yang dilakukan berulang-ulang sampai pelajar menguasainya, lebih jauh lagi sampai peserta didik mampu mengatakan kosakata yang dipelajari dengan intonasi yang benar sesuai budaya dari bahasa yang dipelajari.Guru sebagai pendidik disekolah perlu dan harus memiliki strategi yang tepat dalam menentukan media pembelajaran yang akan diterapkan dalam pembelajaran  Tentu itu bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi dengan rendahnya vocabualry  siswa dalam belajar bahasa Inggris seperti ini, proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan mengembangkan produk media yang inovatif sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik agar dapat belajar  bahasa Inggris secara efektif dan menyenangkan. Media pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan  kosa kata  peserta didik dan media pembelajaran tersebut dapat mudah untuk digunakan

Berdasarkan alasan–alasan tersebut diatas, maka penulis Kemudian memilih Kahoot sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan vocaburay bahasa Inggris, karena Kahoot merupakan game-based application yang sangat menarik, challenging, competitive, dan mudah dioperasikan melalui handphone. Dalam penerapannya di kelas, semua siswa membawa hanphone masing-masing, mereka sangat antusias, bahkan terlihat jiwa kompetitifnya untuk merebutkan posisi teratas. Hal tersebut tentu memicu semangat belajar mereka dalam mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Harapan kami, kiranya semangat para siswa terus dipertahankan agar dapat memperkaya perbendaharaan kosakata mereka dan mampu memahami kosakata-kosakata tersebut dengan memanfaatkan menu flashcard, practice dan challenge di Kahoot, sehingga dapat mendukung keempat keterampilan berbahasa mereka yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing).

Kahoot  memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan.Kelebihan media kahoot meliputi:

  • Suasana kelas dapat lebih menyenangkan
  • Anak-anak dilatih untuk menggunakan teknologi sebagai media untuk belajar
  • Anak-anak di latih kemampuan motoriknya dalam pengoperasikan kahoot
  • Merangsang Minat siswa
  • Proses Pembelajaran lebih menarik.

Adapun kekurangan dari kahoot adalah sebagi berikut:

  • Tidak semua guru yang update dengan teknologi
  • Fasilitas sekolah yang kurang memadai
  • Anak-anak gampang terkecoh untuk membuka hal lain
  • Terbatasnya jam pertemuan di kelas
  • Tidak semua guru memiliki waktu untuk mengatur menyusun rancangan pembelajaran dengan kahoot

Demikian ulasan singkat mengenai pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran   diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kosakata  (vocabulary ) peserta didik. Sehingga mampu menciptakan peserta didik yang handal dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris di era global ini. Semoga bermanfaat.