Baru-baru ini Teater melaksanakan kegiatan Workshop,yang diikuti oleh 48 peserta Ekstrakurikuler Teater. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 November 2017 di SMK N 1 KUTASARI. Kegiatan ini bertujuan agar peserta tersebut lebih mengenal apa itu Teater, dan lebih mendalami tentang bagaimana cara bermain peran, make up dan kostum yang harus dipakai sesuai perannya, bagaimana membuat naskah/scenario yang baik. Adapunpemateri yang mengisi kegiatan tersebut beserta runtun waktunya, diantaranya :

  1. [09:21, 11/14/2017]: Pemateri Pengetahuan Dasar Teater :Ryan Rachman,S.S. lulusan Sastra Inggris fak.Ilmu Budaya UNSOED. Pendiri Teater Teksas fak.Ilmu Budaya UNSOED. Menulis puisi, cerpen dan naskah teater. Karyanya tersebar di berbagai media massa. Sekarang bergiat di Komunitas Teater dan Sastra Perwira Purbalingga. Bekerja sbg jurnalis.
  2. [09:22, 11/14/2017]: Pemateri Naskah/Skenario Teaer :Agustav Triono .semasa kuliah aktif di Teater Pojok Fak.Biologi UNSOED Purwokerto. Kini bergiat di Teater TUBUH Purwokerto, Para Penulis Muda Banyumas (PENA MAS), Komunitas Hujan Tak Kunjung Padam (HTKP) Purwokerto serta Komunitas Teater dan Sastra Perwira (KATASAPA) Purbalingga. Menulis puisi, cerpen, dan naskah drama/teater. Naskah dramanya pernah dipentaskan oleh beberapa kelompok teater di Banyumas dan Purbalingga. Karya-karyanya pernah termuat di beberapa media massa. Beberapa kali menjuarai lomba cipta dan baca puisi tingkat kabupaten.
  3. [09:22, 11/14/2017: Pemateri Artistik dalam Teater :M. Fuad Azhar Bakhtiar,S.Pd
    LUlusan Pendidikan Seni Rupa, FBS UNY. semasa kuliah aktif berteater di Teater SANGKALA. Sekarang masih membina ekskul teater dan cinematografi SMP-SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto.
  4.  [09:25, 11/14/2017]: Pemateri Keaktoran; Dwi Pebriantoro, S.Pd. dikenal dengan nama Ucil.semasa kuliah aktif di Teater Perisai Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Sekarang menjadi guru bahasa Indonesia di SMA Muhammadiyah Purbalingga. Bergiat di Komunitas Kadipaten Pantomim.

“Yang diharapkan untuk Teater Gerbang Pusaka SMKKU makin maju, banyak peminatnya, dan juga lebih baik lagi dari generasi sebelumnya.” Ucap Junika selaku Pembina ekstrakurikuler Teater Gerbang Pusaka SMK N 1 Kutasari.