Sebagai makhluk hidup pastinya kita tak pernah lepas dari kegiatan yang menghasilkan sampah. Tentunya sampah adalah barang yang dapat membahayakan lingkungan hidup jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Hal ini sangat bergantung pada penghasil sampahnya, tak lain adalah kita. Jika kita dapat memanfaatkan sampah dan mengelolanya menjadi barang yang berguna, ini akan menguntungkan kita. Jadi intinya sampah adalah barang yang dapat menguntungkan kita, jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Berikut beberapa cara menjaga lingkungan, agar tetap bersih :

  1. Membuang Sampah pada Tempatnya
    Cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya. Mungkin ini terdengar sepele tetapi masih banyak orang yang tidak mengindahkan anjuran untuk membuang sampah pada tempat-tempat yang sudah disediakan. Lebih baik lagi jika Anda selalu memilah sampah-sampah yang akan Anda buang berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik maupun anorganik.
  2. Penghijauan
    Menanam pohon sebanyak-banyaknya di lingkungan tempat tinggal Anda sangat berpengaruh dengan kebersihan lingkungan. Dengan menanam pohon udara akan lebih bersih dari polusi dan tentunya kualitas air dilingkungan tersebut akan semakin baik.
  3. Menjaga Kebersihan Rumah
    Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yaitu dengan menjaga kebersihan rumah.
  4. Kerja bakti
    Melakukan kerja bakti merupakan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan. Anda dapat bekerja sama dengan warga lingkungan. 
  5. Mengolah Sampah Menjadi Kompos
    Mengolah sampah menjadi kompos merupakan salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan. Dengan mengetahui teknik pengolahan sampah menjadi kompos ini akan sangat baik sekali untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan Anda serta dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat tentunya. 
    Baru-baru ini di kabupaten Purbalingga diadakan sekolah Adiwiyata. Yakni sekolah yang peduli dengan lingkungan sekitar. Program ini juga dilaksanakan di SMK N 1 Kutasari. Untuk menghasilkan sekolah yang peduli dengan lingkungan diharapkan semua warga SMK N 1 Kutasari ikut berperan aktif dalam program ini. Contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan sampah yang berlebihan dll.
    Diharapkan lewat ADIWIYATA ini SMK N 1 Kutasari dapat menghasilkan siswa yang peduli dengan lingkungan sekitar. Bukan hanya lingkungan sekolah tapi juga berimbas pada lingkungan rumah. Jadi program Adiwiyata dapat memberikan dampak positif yakni siswa menjadi cinta terhadap lingkungan sekitar, Cinta Lingkungan Lewat Adiwiyata.

Dibuat Oleh : NS & SF3

Sumber : Jurnalistik Kristal Bagaskara