Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan.
ISTILAH dan MANFAAT ADIWIYATA :
Adiwiyata terdiri dari dua kata yaitu Adi dan Wiyata. Beberapa istilah yang terdapat dalam Adiwiyata, diantaranya 

  1. Sekolah Adiwiyata
  2. Adiwiyata Mandiri
  3. Piala Adiwiyata
  4. Indikator Adiwiyata
  5. Jurnalisme Adiwiyata Bermitra (Juwiter)

Program Adiwiyata terbukti menciptakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, social, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan.
Berikut adalah manfaat program Adiwiyata :

  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/kompetensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL).
  2. Meningkatkan efisiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energy.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan, dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Prinsip Dasar Adiwiyata :

  1. Edukatif : membangun karakter peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik di sekolah maupun di rumah serta masyarakat luas.
  2. Partisipatif : semua warga sekolah turut serta dalam melaksanakan program tersebut, dari mulai perencanaan hingga penanggungjawaban.
  3. Berkelanjutan : seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif/berkesinambungan.

~SS~

Sumber : Jurnalistik Kristal Bagaskara