SMK Negeri 1 Kutasari mengikuti kejuaraan provisi petanque di semarang pada tanggal 18 – 21 Mei 2017 yang diwakili oleh Supriyanto dan Melli Priatin, Kejuaraan ini diikuti oleh 41 peserta di kategori pelajar putra dan 31 peserta di kategori pelajar putri, namun SMK Negeri 1 Kutasari hanya mampu merebut peringkat 3 kategori pelajar putra setelah dikalahkan oleh perwakilan kudus dengan skor 11-13, dan melli harus gugur di babak 16 besar.

Petanque merupakan olahraga permainan yang berasal dari negara Prancis yang sedang digemari pelaku olahraga di kota-kota besar saat ini, mulai anak-anak, remaja bahkan manula sekalipun  karena di dalamnya tidak hanya bermain, bertanding saja, tetapi juga menguji strategi, menguji mental, menguji sportifitas dan menguji harga diri.
 
Federasi olahraga petanque indonesia (FOPI) didirikan 18 maret 2011. Telah mengikuti SEA GAMES XXVI 2011 di jaka baring, Sumatra Selatan indonsia pada November 2011. Sukses mengikuti SEA GAMES, KONI mengembangkan olahraga petangque ke arah yang lebih luas, tidak hanya dipersiapkan untuk training para atlet, tetapi dikembangkan menjadi salah satu cabang olahraga nasional.
 
Petanque adalah suatu bentuk permainan boules (BOLA) yang tujuannya melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut choconnet ( Boka/Joke). Dan kaki harus berada di lingkaran kecil. Permainan ini bisa dimainkan di tanah keras, pasir, rerumputan atau permukaan tanah lain. 
 
Cara bermain atau peraturan cabang olahraga petanque diantaranya sebagai berikut :
  1. Petanque dapat dimainkan 1 lawan 1, 2 lawan 2, dan 3 lawan 3 Pa/Pi atau mix( tidak ada batasa usia)
  2. Tiap pemain memegang 3 BOULE kecuali main 3 lawan 3  bolanya 2
  3. Bermain diawali dengan “Tos”, pemenang tos dipersilahkan melempar boke dari dalam lingkaran yang disimpan disalah satu sisi lapangan dengan jarak lemparan minimal 6 meter maksimal 10  meter, diberi kesempatan 3x apabila belum memenuhi jarak tersebut atu gagal. lawan yang melakukan lemparan.
  4. Setelah boke (bola kecil) dilempar, selanjutnya pemenang undian melempar Boule ( Bola besar) sedekat mungkin ke boke
  5. Selanjutnya giliran lawan  melempar, bisa mengarah semakin dekat ke boke atau bisa mengenai bola lawan hingga jauh
  6. Regu yang paling jauh boge nya ke boke, itu yang main terus sampai habis atau sampai lebih dekat boge kita dari lawan.
  7. Skor dihitung sampai 13 poin, siapa saja regu yang pertama mendapatkan poin 13 dialah yang menang.

(Sumber : http://www.hiithighintensityintervaltraining.ga/2016/01/perlengkapan-dan-peraturan-permainan-cabang-olahraga-petanque.html)